**Music Music**

Thursday, March 8, 2012

Tipologi Manusia Menurut CLAUDIUS GALLENUS

Berdasarkan Tipologi Manusia Menurut Claudius Gallenus ada 4 tipe keperbadian yaitu, adalah :
1.    Sangulinikus ( Orang yang mempunyai banyak darah / sangai dalam tubuhnya).Perasaan Dasar : Riang, Optimis, mudah menyesuaikan diri, perasaan tidak setabil, kurang konsekuen, dan reaksinya tidak di pikir dalam-dalam.
2.    Melankhdikus ( Memiliki banyak empedu hitam / melanchole )Perasaan Dasar : Sedih, ketakutan, hati – hati dalam tindakan, konsekuen, dan stabil jiwanya.
3.    Kholerikus ( Dalam tubuhnya terdapat banyak empedu kuning – kuning )Perasaan Dasar : Kurang puas, gelisah, emosional, exspolosi, perasaanya hebat dan kuat kesukaran di atasi dengan energi yang brlebihan.
4.    Flegmatikus ( Di dalam tubuhnya banyak lendir / flegma )Perasaan Dasar : Tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif.
Dari sekian tipologi manusia menurut Claudius Gallenus, saya akan menjelaskan mana yang termasuk dalam diri saya sendiri …

Saya pribadi, saya termasuk kedalam 3 katagori tipologi yang di jelaskan oleh Claudius Gallenus. Namun saya lebih condong ke sifat yg ke-3 yaitu kholerikus, kalo dilihat dalam sifat Sangulinikus, saya orangnya riang dalam segala hal, dan mudah menyesuaikan diri. Saya juga termasuk dalam sifat Melankhdikus, yang suka berhati-hati dalam bertindak. Nah ini yang paling dominan dalam sifat saya yaitu Kholerikus , saya suka kurang puas dalam sesuatu hal yang belum maksimal, emosional apabila ada yang memacu… emosional saya akan muncul….



No comments :

Post a Comment